Jumat, 15 Januari 2016

Jajanan Lawas VS Kekinian


'Salam Geng Petak Umpet"



              Seperti yang kita tau sama-sama ya sahabat petak umpet sekalian. Indonesia tak hanya kaya akan kekayaan alam, suku, budaya, agama serta bahasa, akan tetapi kita juga memiliki beraneka ragam warisan kuliner yang menarik, penuh citarasa serta wajib untuk dilestarikan. Tak hanya setiap pulau, bahkan setiap daerah/ kota memiliki khas makanannya masing-masing.
Nah berdasarkan judul artikel di atas, kali ini kami mengajak para pembaca sekalian untuk bernostalgia bersama-sama dalam urusan makanan/ jajanan. So, di bawah ini akan terlihat beberapa jajanan yang dulunya sempet ngetrend (*baca ngetren) dan sampai sekarang juga masih ngetrend tapi dengan gaya yang berbeda. Check Them Out!


1.      Mie Lidi

Oh My God, siapa sih yang ga kenal sama yang namanya mie lidi, hehe... jajanan yang satu ini hampir di jual di setiap sekolah di Indonesia pada era 90an. Dulu harganya masih cepe alias Rp 100 dan memiliki beberapa variasi rasa seperti pedas, asin serta campuran keduanya. This is the picture:
 








Di era sekarang mi lidi pun masih terkenal bahkan lebih berkembang seiring berkembangnya trend anak-anak muda kekinian. Mie lidi kekinian lebih bervariasi dalam banyak hal, seperti dalam hal rasa, pengemasan, dan yang menjual pun tak hanya penjaja jajanan sekolahan, tak jarang toko jajanan online pun mulai menjualnya.



2.      Kue Cubit
Pembaca sekalian tau dong kue cubit itu seperti apa?, jajanan ini juga ngetrend di taun 90an dulu. Akan tetapi kue cubit yang kita kenal dulu sepertinya hanya yang toppingnya meses saja.



Sedangkan di jaman yang kekinian ini, kue cubit pun tak luput dari perkembangan anak muda jaman sekarang yang selalu ingin penuh cita rasa. Muncullah kue-kue dengan topping aneka rasa, seperti oreo, cokelat, karamel, keju dll.








3.      Soerabi

Surabi mungkin dulunya nggak sengetrend sekarang. Surabi yang berbahan dasar adonan tepung dan ketan dulunya hanya disajikan dengan kuah bersantan hangat. Namun sekarang banyak surabi yang sudah berubah sajiannya. Surabi yang dulunya hanya memiliki satu rasa tersebut kini berubah menjadi kaya rasa dengan berbagai varian topping diantaranya seperti keju, sosis, susu, meses, telur dan aneka rasa lainnya.




Selain evolusi jajanan dari tempo dulu ke masa sekarang di atas tentunya masih banyak berbagai jajanan yang telah berubah seiring dengan perubahan trend dan selera para peminatnya. Dengan demikian masih terlestarikanlah kuliner jajanan tempo dulu meskipun dengan gaya yang berbeda. Namun demikian tak jarang pula jajanan tempo dulu yang sudah mulai punah atau terlupakan seiring munculnya jajanan lain yang lebih ngetrend. Contohnya kerak telor telah mulai digantikan oleh Pizza. Kue-kue seperti kue cucur, rangi, pepe telah mulai digantikan oleh kue-kue masa kini seperti donat, cake dll. Permen anak-anak yang bernama gulali enjot (Kembang Gula) telah digantikan oleh lolipop. Dan mungkin masih banyak jajanan tempo dulu lainnya yang mulai terlupakan. So guys sahabat petak umpet sekalian, yuk kita jaga kelestarian kuliner jajanan negeri kita biar ngga segera punah. Kalo kata anak-anak yang di jurusan sejarah “JASMERAH” alias jangan sampe kita melupakan sejarah, kuliner masuk lah ya dalam kategori sejarah. Hehe see you on our next articles gengs.








4 komentar:

  1. jadi inget makanan masa masa sd saya. okelah mari lestarikan jajanan kita dulu. terus posting artikel yang menarik ya gengs. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Endra yup mari kita lestarikan jajanan tahun 90an agar tetap bisa dinikmati nanti oleh generasi-generasi yg akan datang.
      Nice to know you endra, we will give our best to our readers^^

      Salam Geng Petak Umpet

      Hapus
  2. wahh flashback banget nihhh pas jaman2 SD inget banget meskipun cuma pegang uang seribu tapi masih bisa dapet banyak jajanan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Food readers iya bener ya kalo dulu uang seribu rupah juga udah dapet banyak jajanan ya hihi

      Salam Geng Petak Umpet^^

      Hapus