Minggu, 17 Januari 2016

Musik Tahun 90an VS Musik Era Sekarang

All Pictures by Google Image



"Salam Geng Petak Umpet"




      Hai Gengs tau ga sih kalau generasi tahun 90an itu sering banget digadang-gadang sebagai generasi paling bahagia di Indonesia. Orang-orang generasi 90an memiliki banyak jenis mainan yang engga bisa diupakan. Orang-orang generasi 90an punya macam-macam makanan ringan yang sangat memorable yang mungkin gengs juga masih suka cari-cari sekarang ini (Gengs kalo mau tau contoh makanan tahun 90an bisa baca artikel yang sudah Geng Petak Umpet post sebelumnya^^). Dan yang terakhir nih di tahun 90an yang engga kalah memorable adalah lagu-lagunya, dan mungkin gengs sampai sekarang juga masih sering mendengarkannya (iya kan?). Hmm gengs kebetulan nih pembahasan yang ingin geng petak umpet bahas sekarang ini tentang lagu-lagu tahun 90an dengan lagu-lagu zaman sekarang, mungkin nanti gengs bisa lihat ya perbedaan antara lagu-lagu tahun 90an dengan lagu-lagu yang sedang happening di zaman ini.



MUSIK TAHUN 90AN





      
Gengs masih ingat kan band-band dan penyanyi solo terkenal seperti Dewa 19, Sheila on 7, Padi, Chrisye dan siapa yang kenal dengan lagu-lagu mereka, bahkan dulu anak-anak muda rela menabung untuk membeli kaset dari musisi tersebut dan dengan perasaan yang senang mendengarkan lagu-lagu mereka dan menyanyikannya. Gengs tau tidak kenapa lagu-lagu tahun 90 bisa sampai sefenomenal itu dan masih diminati sampai sekarang? Nih gengs alasan kenapa lagu-lagu di zaman 90an bisa keren  ngehits banget!


1.   Liriknya Yang Puitis
Ternyata gengs lirik yang puitis adalah salah satu faktor mengapa lagu-lagu di era 90an sangat diminati, karena liriknya yang puitis inilah yang membuat orang-orang di era 90an ketagihan untuk mendengarkannya sehingga bila dalam bahasa sekarang ini tidak bisa move on dari lagu tersebut. Ini dikarenakan proses penggarapan liriknya dikerjakan dengan sebaik mungkin dan apabila nantinya digabungkan dengan musiknya akan terdengar sepadu/seharmoni. Sehingga pendangar saat mendengarkan lagu tersebut dapat terbawa dengan suasana. Memang bisa diakui ya gengs kalau lirik dari lagu-lagu era 90an sangat menyentuh hati.

2.   Memiliki Kedalam Makna

Jadi gengs karena memiliki lirik yang putis ternyata berpengaruh juga terhadap makna dari lagu tersebut. Lirik-lirik yang puitis digabungkan menjadi suatu bait dan bait demi bait tersusun menjadi sebuah lagu menjadikan lagu tersebut memiliki makna yang sangat mendalam. Apalah arti sebuah lagu tanpa makna (Bener ga gengs?). Makna dari lagu merupakan daya tarik untuk lagu tersebut, semakin bermakna atau semakin dalam makna yang terdapat disebuah lagu membuat orang semakin penasaran dengan lagu tersebut dan membuat orang ingin tahu makna yang terkandung dalam lagu tersebut.

3.   Dibuat Dengan Ide yang Original

        Para musisi tahun 90an membuat lagu mereka denga ide Original dari diri mereka sendiri, dalam arti mereka tidak mengikuti atau tidak latah akan tren seperti yang baru-baru ini terjadi. Para anak muda tengah mengandrungi musik K-pop maka para pelaku musik berbondong-bondong untuk membuat musik yang menjurus kepada musik K-pop. Para musisi era 90an justru membuat musik dengan ide-ide Original mereka. Bisa dibilang mereka berani tampil berbeda untuk membuat suatu lagu dangan ide-ide yang sudah tercetus dari diri mereka sendiri. Mungkin memang ada lagu-lagu yang memiliki tema yang serupa tetapi mereka selalu mengemasnya dengan sangat baik dan berbeda bahkan menjadi ciri khas dari lagu itu sendiri yang tidak bisa hilang.

4.   Digarap Dengan Sungguh-Sungguh

Lagu-lagu era 90an digarap dengan penuh kesungguhan, meskipun kualitas video atau audionya yang belum sebaik sekarang tetapi mereka mampu menhadirkan komposisi lagu yang kompleks dan juga unik loh gengs. Dan mereka pun menggarap sebuah lagu dengan konsep yang matang, karena konsep merupakan salah satu hal penting dalam penggarapan sebuah lagu. Apabila satu bagian lagu dikerjakan dengan serampangan/asal-asalan tidak menutup kemungkinan bila lagu tersebut dapat menjadi sesuatu hal yang biasa, bisa saja lagu tersebut menjadi bagus tetapi tidak akan bisa memorable dan long lasting. Bila lewat masanya maka lagu tersebut mungkin saja bisa terlupakan atau mungkin orang hanya sekedar menegetahuinya tanpa ada keinginan untuk mendengarkannya lagi.

5.   Long Lasting dan Ngangenin

Karena proses pengerjaannya yang sungguh-sungguh dengan ide dan kerja keras membuat lagu di era 90an long lasting atau tidak dimakan oleh zaman gengs, coba gengs dengarkan lagu-lagunya masih cocok-cocok saja kan terdengarnya dimasa sekarang?  Dan membuat para penggemarnya rindu ingin mendengarnya lagi. 

Kalau gengs mau nostalgia sama lagu-lagu tahun 90an yuk klik link youtube dibawah ini :

MUSIK ERA SEKARANG




Untuk gengs yang update banget tentang musik pasti tau dong seperti apa musik-musik yang sedang ngehits di era ini. Dan pasti tau dong apa chiri khas dari lagu-lagu era sekarang ini? Ada beberapa perbedaan yang bisa diliat dari lagu-lagu tahun 90an dengan yang sedang ngetren sekarang-sekarang ini. untuk era ini lagi hangat-hangatnya musik yang bergenre K-pop, R&B, EDM (Electric Dance Music). Gengs, geng petak umpet memiliki beberapa ulasan mengenai ciri khas musik era seakarang :

1.   Liriknya Yang Ngena

Ternyata nih gengs untuk lagu-lagu era sekarang juga memiliki lirik yang ngena banget atau bisa dibilang pas buat kisah anak zaman sekarang. Walaupun kebanyakan lagu-lagu era sekarang yang mengandung lirik mengenai percintaan, perselingkuhan, ataupun putus cinta.


2.   Aksi Panggung

Karena era sekarang sedang hangat-hangatnya genre K-pop maka salah satu yang dapat mencirikan musik era sekarang adalan penyanyi Korea, boy dan girlband. Gengs juga pasti sudah tau betapa energicnya penyanyi korea saat tampil diatas panggung, menyanyi sambil menari. Aksi panggung para penyanyi, boy dan girlband korea sangat menyita sebagian besar perhatian dari anak-anak remaja apa lagi gengs para penyayi korea memiliki paras yang cantik, ganteng, dan juga imut-imut.
Gengs if you wanna know how attractive Korean boyband stage act you can click youtube link bellow :


3.    Musik Yang Keras

Siapa yang tidak tau EDM? Hmmm sepertinya sebagian besar dari gengs sudah tau ya musik EDM. Akhir-akhir ini memang sedang booming musik EDM ya gengs. Siapa yang engga kenal Zedd, Calvin Harris, Skrillex, Avicii itu adalah beberapa nama dari DJ yang sedang ngehits sekarang ini. Mereka menyajikan musik yang bisa membuat orang yang mendengarkannya berjoget lepas.


4.   Musik Yang Mellow

Terlepas dari musik yang keras dan juga para DJ ternyata musik yang mellow juga turut mewarnai blantika musik era sekarang gengs. Musik dengan irama yang slow, mendayu-dayu, dengan suara penyanyinya yang lembut mampu membuat para pendengarnya terbawa suasana bahkan menagis. Musik jenis ini mungkin banyak diminati oleh orang-orang yang sedang galau ya gengs? Hehe


Kesimpulan :

Antara musik tahun 90an dengan musik era sekarang memang ada beberapa perbedaan. Tetapi musik 90an maupun musik era sekarang sama-sama diminati, mungkin yang membedakan adalah bila musik tahun 90an lebih terkonsep, disiapkan dengan matang, dan juga lebih musikal tetapi bukan berarti musik era sekarang tidak memiliki nilai-niali itu ya gengs. Musik era sekarang juga bagus tetapi karena mungkin untuk kebutuhan industrial, jadi mereka mengunakan yang serba instan. Seperti kutipan dari Bebi Romeo berikut ini "Musik tahun 90-an itu, mulai dari konsep, image, musikal keliatan sangat berbobot, matang, terus juga berwarna. Nah, kalau sekarang ini mungkin karena kebutuhan industrial, semua serba instant. Saat ini konsep dan musikalitas artis memang sudah jarang yang sematang tahun 90-an," komentar Bebi Romeo kepada detikHOT. Perbedaan yang lainnya mungkin terdapat di genre dan hentakan musiknya ya gengs kalo di zaman sekarang lebih banyak genre musik yang baru. Apapun musiknya apapun jenis musiknya kita semua wajib menghargainya gengs karena sang pelakon musik tersebut juga pasti telah mendedikasikan hidupnya untuk membuat musik itu sendiri.

Saran :


Perkembangan musik di Indonesia memang sedang berkembang, terbukti dengan masuknya musik-musik K-pop dan EDM. Masuknya genre tersebut bisa saja membawa dampak positif dan negatif gengs. Dari sisi positifnya gangs bisa lebih menambah wawasan tentang musik dengan masuknya genre-genre tersebut dan bisa lebih mengexplore kemampuan bermusik gengers. Dan dari sisi negatifnya musik-musik original Indonesia biasa saja tidak lirik lagi oleh para penikmat musik karena orang tengah asik mendengarkan genre musik yang baru masuk oleh karena itu gengs sebooming-boomingnya musik luar, tidak ada salahnya tetap mendengarkan musik-musik Original Indonesia dan turut mengembangkan musik dalam negeri. Kalau gengs merasa mempunyai bakat dibidang musik tidak ada salahnya mencoba membuat musik yang dapat membuat nama Indonesia terangkat di kanca musik dunia. Kita bisa melihat Korea sebagai contoh mereka dapat membuat K-pop menjadi terkenal diseluruh dunia dengan ke khasan para penyanyi boy dan girlbandnya. Oleh karena itu gengs buat lah sesuatu yang dapat mencirikan musik Indoesia sehingga musik dunia pun nantinya akan terbuka dan mengakui musik Indonesia. Cobalah buat kembali kejayaan untuk musik Indonesia seperti pada tahun 90an gengs.






12 komentar:

  1. bagus nih artikel,menurut saya sih enakan musik musik lama, liriknya lebih menyentuh ... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget gengs hihi sepertinya gengs yg satu ini suka banget musik2 tahun 90an ya..

      Hapus
  2. nice... musik lawas tuh lebih enak di dengarnya dibandingkan musik sekarang....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup setuju! karena musik-lawas dibuat dengan sepenuh hati hihi

      Hapus
  3. artikelnya baguus,kalo musik sekarang mah liriknya cinta-cintaan mulu gaada yang bkin inspiratif beda sama lagu lawas jaman dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Adhan terima kasih sebelumnya :) iya benar kebanyakan lagu zaman sekarang betemakan cinta, hmmm sepertinya kamu pecinta lagu era 90an ya hihi

      Hapus
  4. Bagus bingit ulasannya, analisis yang luput dari penglihatan kita kebanyakan, memang lagu jaman sekarang kebanyakan lebih enak dilihat dari pada didengar. karena kejar tayang pembuatan albumnya..Thank guy..udah di share..wassalam

    BalasHapus
  5. Admin, sudah 2 tahun yang lalu artikel ini. Saya baru sekarang berkunjung kesini hehehehe. Ternyata blognya anda sangat bagus. Salut buat "Geng Petak Umpet" semoga selalu sukses jaya selalu dan semoga Petak Umpet jangan sampai ketahuan hehehe. Bercanda yaa... Jujur blog yang bagus ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaampun broo Sama dong saya Baru 6 hari setwlah anda Muncul ke blog ini. Kwkwk saya berminat banget dgn musik Lawas. Terutama Indonesia punya terutama Yg anak anaknya walaupun saya Anak kelahiran 2003 tapi musik anak² tahun 80-90an itu Waduhh baguss bangett..!! mengena di hati sekali. Contohnya Lagu lagu fadly faso , pandu papra "laura da causta" dan Lain sebagainya.. pokoknya top. Btw tahun 2018 ini adminnya masih hidup kah? Hehe..

      Hapus
  6. artikel yang sungguh bermanfaat terima kasih banyak informasinya boleh dong kunjungji juga..Situs berita musik, tutorial gitar & bass , chord gitar, dan review gitar yuk kunjungi guitarsquartz.net

    BalasHapus